Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan untuk Menulis Proposal Pembiayaan

Tidak ada panduan untuk menulis proposal pembiayaan yang akan lengkap tanpa peringatan bahwa perusahaan yang mencari pembiayaan tidak dapat melakukannya tanpa menyerahkan rencana bisnis yang lengkap. Setiap pemberi pinjaman, baik itu bank atau lembaga keuangan lainnya, pemodal ventura, atau perorangan, ingin melihat rencana bisnis perusahaan serta detail proyek. Mereka ingin mengetahui misi, sasaran, dan langkah perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut, produk, layanan, sumber daya yang tersedia, pasar, persaingan, dan keunggulan kompetitif perusahaan Anda.

Rencana bisnis yang menyertai proposal pendanaan yang Anda tulis dan serahkan juga harus menyertakan pemilik atau pejabat dan semua pemain utama seperti eksekutif dan orang lain yang berperan dalam bisnis sehari-hari perusahaan.

Jika Anda baru dalam menulis proposal pendanaan, panduan sangat penting, baik itu brosur atau publikasi tertulis, bantuan online, atau konsultan di Pusat Pengembangan Bisnis Kecil setempat. SCORE, badan layanan untuk pensiunan eksekutif, adalah sumber daya tingkat atas lainnya yang dapat memandu Anda melalui penulisan proposal pendanaan. Semua relawan adalah pensiunan CEO dan pakar lain yang pernah menggantikan Anda dan berhasil dalam hal itu.

Selain dokumen standar yang dibutuhkan oleh bank atau credit union untuk pengajuan pinjaman, pemberi pinjaman juga akan melihat proposal pembiayaan tertulis saat mengajukan pinjaman. Alih-alih melihat menulis proposal pembiayaan sebagai tugas yang membosankan, lihat itu sebagai panduan bagi pemberi pinjaman Anda untuk melihat betapa menarik, menjanjikan dan menguntungkan ide dan perusahaan Anda dan peluang apa yang seharusnya menjadi bagian finansial dari bisnis Anda, sebuah proyek yang hebat.

Berikan proposal pendanaan Anda judul yang cepat namun jelas, kemudian bicarakan tentang gambaran umum proyek yang telah Anda rencanakan, berikan informasi dasar tentang masalah yang Anda lihat, detail proyek yang akan menyelesaikan masalah, sumber daya apa yang Anda miliki dan apa sumber daya yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan, dan apa yang staf dan manajemen Anda membantu Anda dengan apa yang mungkin juga Anda butuhkan, fasilitas yang tersedia untuk proyek Anda dan apa pun yang perlu Anda sewa atau beli serta perlengkapan, peralatan, atau personel ditambahkan, dan kapabilitas atau persyaratan komunikasi yang relevan. Kirimkan anggaran untuk proyek Anda.

Langkah Demi Langkah, Anda Harus ...

* Tulis surat lamaran dengan proposal pendanaan Anda, sebagai iming-iming untuk membaca proposal dan panduan tentang apa yang akan ditemukan di halaman proposal pendanaan. Surat pengantar mencakup, bersama dengan judul, perkenalan singkat tentang perusahaan Anda, tujuan pinjaman, dan jumlah uang yang Anda minta.

* Proposal pendanaan harus dimulai dengan nama perusahaan, alamat, dan informasi kontak seperti telepon dan email. Di sini Anda juga harus memiliki nama, alamat, nomor Jaminan Sosial semua manajer, alasan pinjaman, jumlah yang diminta, rincian tentang apa yang akan Anda lakukan dengan uang tersebut termasuk pembelian peralatan dan persediaan, kemungkinan menyewa fasilitas baru, sumber daya sekarang tersedia, karyawan yang akan ditambahkan, dan staf administrasi yang akan mengawasi proyek.

* Berikutnya memberikan rincian lengkap tentang perusahaan, termasuk proyek dan kinerja masa lalu, klien, tujuan dan sasaran keseluruhan, aspek unik perusahaan, kepemilikan dan struktur hukum.

* Informasi dasarnya adalah sebagai berikut, dengan rincian tentang anggaran perusahaan, serta anggaran proyek, pasar dan persaingan, dan ceruk perusahaan Anda di antara persaingan tersebut. Rincian tentang klien yang ada juga harus disertakan serta rencana evaluasi untuk menentukan kesehatan keuangan dan persaingan perusahaan secara keseluruhan dan kesehatan proyek itu sendiri.

* Semua karyawan kunci harus dijelaskan, termasuk pendidikan mereka, prestasi sebagai anggota tetap atau mantan, serta kualifikasi mereka. Bersama dengan informasi dasar dan anggaran untuk proyek tersebut, Anda harus memberikan semua informasi dan dokumentasi tentang tiga tahun terakhir operasi perusahaan. Jika Anda sudah lama tidak berbisnis, sajikan data keuangan termasuk neraca dan laporan laba rugi yang Anda miliki. Agunan harus digunakan untuk pembiayaan.

* Komunikasi tertulis adalah bagian penting dari proposal pendanaan Anda dan seseorang harus memandu Anda melalui proses tersebut

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang menulis proposal pembiayaan. Terimakasih.

Posting Komentar untuk " Panduan untuk Menulis Proposal Pembiayaan"